15 September 2009

Keakraban dan Perkenalan IPMANAPAN Bogor

Kemarin, Minggu, 13 September 2009 Ikatan Pelajar Mahasiswa Nabire Paniai (IPMANAPAN) mengadakan acara keakraban. Acara yg diadakan di kebun raya bogor ini berlangsung sederhana dan mengasikkan. Hampir seluruh anggota mengambil bagian dalam acara ini. Acara ini bertujuan untuk menjalin tali keakraban sesama angota IPMANAPAN, baik yang telah lama bergabung maupun yang baru akan bergabung.Pagi hari pukul 05:00 bertempat di kontrakan paniai Darmaga, mahasisiwa baru dan panitia penyelenggara mempersiapkan diri untuk berangkat ke tempat acara. Setelah itu, pada pukul 06:45 dengan mengunakan angkot yang disewa, panitia maupun mahasiswa baru berangkat bersama-sama menuju kebun raya bogor. Perjalanan menuju

tempat acara berlangsung selama satu jam lebih.
Setibanya didepan Kebun Raya Bogor, panitia mengurus karcis masuk kebun raya bogor. Setelah membayar karcis masuk panitai dan peserta di persilakan masuk kebun raya bogor oleh pihak pengelola. Mereka pun mengambil tempat yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Acara dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh Serfasius Kotouki. sebelumnya, Darmince Nawipa mengajak peserta dan panitia masuk dalam suasana doa dengan mengajak peserta dan panitia menyanyikan beberapa lagu rohani. Kini giliran ketua Panitia, Deki Bunai menyampaikan sambutan pembukaan sekaligus membagi peserta dalam dua kelompok. Masing-masing kelompak terdiri dari empat orang peserta. Setelah itu, Joni Pekei selaku koordinator acara tampil menyampaikan tata tertib bagi peserta maupun panitia. Pekei juga mengajak peserta yang telah terbagi menjadi dua kelompok memilih ketua kelompok dan mempersiapka yel-yel. sedangkan panitia yang lain bergerak menuju pos-pos yang telah ditentukan.
Terdapat empat pos yang disiapkan oleh panitia. Peserta yang telah dibagi dalam dua kelompok diwajibkan mendatangi ke empat pos itu dimulai dari kelompok satu mendatangi pos pertama hingga pos ke empat. Hal ini akan di ikuti juga oleh kelompok ke dua. di setiap pos, peserta akan mendapatkan materi oleh panitia.

Mobilisasi

Setelah setiap kelompok memilih dan mempersiapkan yel-yel, peserta dipandu pendamping kelompok bergerak ke pos-pos yang telah disiapkan. kelompok pertama bergerak terlebih dahulu menuju pos pertama. Di pos pertama, peserta mendapat materi tentang kepribadian yang di sampaikan oleh Martinus Tebai. Di pos ini, peserta diajak untuk mengenal siapa dirinya, untuk apa ia berada di bogor, dan apa yang harus ia lakukan. Selain itu, peserta juga diajakuntuk menemukan dan menggali potensi yang tersembunyi di dalam dirinya. Setelah selesai menerima materi di pos pertama kelompok satu bergerak ke pos kedua. Sementara itu, kelompok ke dua yang masih menunggu di tempat awal acara bergerak menuju pos pertama untuk menerima materi yang sama dengan yang diterima kelompok satu tadi.
Di pos kedua kelompok pertama mendapat materi tentang seluk beluk kampus. Karena pesera pada umumnya menempuh perkuliaan di IPB dan UNPAK, maka materi yang berikan menyangkut seluk beluk kedua kampus tertebut. Materi di pos ke dua di sampaikan oleh Serfasius Kotouki dan Robert Bobii. Kotouki dan Bobii juga menyampaikan beberapa trik dalam belajar dan bagaimana mencari informasi yang penting di kampus. setelah kelompok pertama menerima materi di pos kedua, kelompok pertama bergerak ke pos ketiga dengan masih didampingi oleh panitia. Begitu juga dengan kelompok ke dua yang telah menerima materi di pos pertama. Kelompok kedua pun bergerak dari pos pertama ke pos kedua dengan didampingi juga oleh panitia. Hal ini terus berulang sampai poster akhir.
Pos ketiga dijaga oleh Ebi Tekege. Di pos ini, Ebi memperkenalkan peserta dengan seluk Beluk IPMANAPAN kota Study Bogor. Perkenalan itu mennyangkut sejara organisai, kekompakan yang dibangun selama ini, susunan pengurus dan beberapa program kerja yang ingin diwujudkan oleh pengurus pada waktu-waktu yang akan datang. Tekege pun mengajak peserta agar bergabung dalam organisasi IPMANAPAN. Kelompok pertama meneriman materi terlebih dahulu lalu kelompok kedua menyusul untuk meneriman materi yang sama.
Pos ke empat peserta diajak untuk mengenal Kota dan Kabupaten Bogor. Materi tersebut diberikan oleh Petrus Youw. Materi ini diberikan agar peserta mempunyai sedikit gambaran tentang kota bogor. Harapannya, jika suatu kelak akan bepergian, peserta yang baru saja berada di Bogor tidak bingung di jalan. Acara diakhiri di pemberhentian terakhir. Saat di sini, acara di isi dengan Ibadah dingkat yang dibawakan oleh Deki Bunai. Dalam kotbahnya Bunai mengajak agar kita tidak takut karena dalam menempuh pendidikan tinggi. Bunai mengatakan bahwa sesunguhnya, dalam aktifitas kita sehari-hari dalam belajar, kita tidak berjalan sendiri tetapi kita selalu dituntun oleh yang maha kuasa. untuk itu, kita diharapkan selalu bersera diri hanya kepada Yesus dalam doa yang kita sampaikan kepadanya.
Setelah acara ibadah selesai, acara di lanjutkan dengan makan siang. Habis makan siang dan istirahat sejenak, pekei mengajak panitia untuk bermain sebuah game yang melatih konsentrasi. sebagian peserta dan panitia mengambil bagian dalam game ini. Setelah itu, semua peserta dan panitia diajak untuk foto bersama di kebun raya bogor.Waktu bermain game pun selesai. Acara pun dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi peserta dan penyampaian kesan pesan dari peserta dan panitia. Umumnya semua peserta menyampaikan rasa terimakasih kepada panitia karena telah meluangkan waktu untuk mempersiapkan acara ini. sedangkan panitai di ajak untuk menyampaikan unek-unek yang selama ini terpendam dengan terbuka di depan forum.
Sebagai sambutan penutup, ketua Panita, Deki Bunai dan Ketua IPMANAPAN Ebi Tekege, diberi kesempatan untuk menyampaikan Sambutan. Acara di tutup dengan doa yang dibawakan oleh Ebi Tekege. Acara berakhir padapukul 15:45. Selamat kepada panitia yang telah melaksanakan acara ini, selamat juga kepada peserta yang baru bergabung dengan IPMANAPAN Bogor. (ebi)

0 komentar:

Posting Komentar